Sabtu, 13 Oktober 2012

LIMA TIPE GURU

ADA LIMA TIPE GURU, TERMASUK MANAKAH KITA?
Isilah angket berikut dengan melingkari angka 1, 2, 3, 4,atau 5


Mau tahu skor anda?
Klik file berikut
Berdasarkan skor tersebut anda tergolong tipe apa?
Tipe 1 (Skor 12 s.d. 24) : SANGAT KONSERVATIF
Tipe 2 (Skor 7 s.d. 11) : SEDIKIT KONSERVATIF
Tipe 3 (Skor –6 s.d. 6) : FLEKSIBEL
Tipe 4 (Skor –11 s.d. –7) : CENDERUNG LIBERAL
Tipe 5 (Skor –24 s.d. –12) : SANGAT LIBERAL
Lebih jelasnya baca keterangan berikut











Tipe 1 (Skor 12 s.d. 24) : SANGAT KONSERVATIF
Pandangan Anda sangat konservatif tentang praktik pendidikan. Pandangan pendidikan ini dinamakan Perenialisme, sebuah pemikiran yang paling tua dan paling konservatif. Namun demikian, hingga sekarang di dunia ini banyak sekolah yang mempertahankannya dalam melakukan kegiatan pendidikan. Jenis orang seperti ini berpikir bahwa pendidikan bertujuan mendorong intelektualitas sumber daya manusia melalui pengajaran pengetahuan yang baku dan nilai-nilai sosial yang dibangun di masa laluoleh para profesional dan guru yang berwawasan dalam rangka menciptakan masyarakat yang lebih baik dan bangsa intelek. Siswaharus mendapatkan pengetahuan penting seperti itu dan nilai-nilai sebanyak mungkin untuk menjadi pintar dan berguna bagi masyarakat. Selama mengajar, minat dan motivasi siswa kurang mendapat perhatian. Sebaliknya, guru lebih mementingkan banyaknya ilmu yang ditransfer kepada siswa. Oleh karena itu, jenis guru ini cenderung untuk menanamkan berbagai pengetahuan dan nilai-nilai masyarakat kepada siswa tanpa alasan jelas dan penjelasan memadai. Dalam proses belajar mengajar seperti ini, siswa harus hafal apa yang dikatakan guru tanpa memahami arti yang sebenarnya. Tentu saja, jenis pembelajaran ini membuat siswa sangat tertekan. Tetapi siswa harus bersabar dan taat kepada guru karena guru adalah mutlak dan mempunyai otoritas yang kuat terhadap siswa. Berkaitan dengan upaya Indonesia saat ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar, maka pandangan tipe ini telah mulai ditinggalkan. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk melihat pandangan pendidikan lainnya saat anda mulai meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sejalan dengan kebijakan pemerintah. 
Tipe 2 (Skor 7 s.d. 11) : SEDIKIT KONSERVATIF
Pandangan anda sedikit konservatif, namun kadarnya tidak sekuat Tipe 1.Dalam pemikiran Anda, pendidikan adalah untuk mentransfer pengetahuan dan nilai-nilai yang didirikan di masa lalu dari guru kepada siswa. Namun, kadang-kadang ide Anda berubah dan disesuaikan dengan situasi yang diberikan. Banyak pendidik Indonesia, guru dan pembuat kebijakan termasuk pada Tipe 2 ini. Seperti halnya Tipe 1, Anda berusaha membuka mata untuk melihat ide lainnya ketika bekerja untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Tipe 3 (Skor –6 s.d. 6) : FLEKSIBEL
Pandangan Anda fleksibel, artinya tidak memiliki kecenderungan tertentu dalam pandangan pendidikan. Ini mungkin berarti bahwa Anda tidak memiliki arah yang pasti dalam melakukan kegiatan pendidikan. Di sisi lain, dapat dikatakan bahwa Anda melakukan kegiatan pendidikan tanpa filosofi dan kepercayaan tertentu. Tipe 3 ini kurang mendukung Anda sebagai seorang guru karena pandangan Anda dalam pendidikan sangat tidak stabil dan Anda tidak menyadari apa alasan Anda di dalam melaksanakan pembelajaran sehari-hari.
Tipe 4 (Skor –11 s.d. –7) : CENDERUNG LIBERAL
Pandangan anda cenderung liberal dan berbeda dari Tipe 1, 2,dan 3. Anda berpikir bahwa pendidikan tidak hanya mentransfer pengetahuan yang dibangun di masa lalu dari guru kepada siswa. Selain itu, Anda juga menyadari bahwa memberikan perhatian kepada minat dan perasaan siswa adalah penting saat melakukan pembelajaran. Pandangan ini sejalan dengan strategi dan pembaharuan pendidikan Indonesia saat ini. Dengan demikian Anda dengan mudah mengadopsinya ke dalam praktik pendidikan yang berkualitas. Namun, untuk melakukannya, Anda harus lebih berupaya dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan agar Anda dapat melakukan pembelajaran dengan kualitas yang baik.
Tipe 5 (Skor –24 s.d. –12) : SANGAT LIBERAL
Pandangan pendidikan Anda sangat liberal. Tipe ini adalah tipe orang-orang yang disebut “Progressivist”, yang sepenuhnya berlawanan dengan Perenialist (Tipe 1). Pandangan pendidikan ini pertama kali muncul di Amerika pada tahun 1920an, yang mengkritisi pengajaran berbasis indoktrinasi-pengetahuan, belajar dengan penghafalan yang dominan dalam lingkungan konservatif dan pendidikan tradisional. Anda berpendapat bahwa pendidikan yang bertujuan menghafal penting di masa lalu dan nilai-nilai social masa lalu dianggap sia-sia karena pengetahuan dan nilai-nilai social selalu berubah sesuai keadaan masyarakat saat ini. Yang lebih penting dan lebih praktis diperlukan adalah pengetahuan dan ketrampilan untuk hidup lebih baik dalam masyarakat. Secara khusus, yang penting adalah kemampuan pemecahan masalah, kemampuan penelitian ilmiah, kerjasama dan sikap disiplin diri. Berbeda dengan Tipe 1, Anda berfikir bahwa memberikan perhatian kepada minat dan perasaan siswa merupakan aspek penting untuk melaksanakan pendidikan dengan kualitas tinggi. Selain itu, Anda berfikir bahwa penekanan pada pengalaman nyata melalui fisik dan mental (hands-on dan mind-on) adalah kegiatan kunci dalam rangka mengkonstruksi pengetahuan bagi siswa. Pembaharuan pendidikan Indonesia saat ini agak dekat dengan pandangan seperti ini. Oleh karena itu, Anda dapat menerima dan memahami kebijakan yang baru dan strategi dengan mudah. Namun, ide ini sangat berbeda dengan praktik pendidikan di Indonesia pada masa lalu yang Anda alami saat Anda masih seorang siswa. Jadi, Anda harus mencoba untuk melaksanakan pendidikan bermutu berdasarkan pandangan pendidikan yang liberal ini.