Rabu, 11 September 2013

OLIMPIADE MATEMATIKA SMP

Ternyata tidak semua guru siap menjadi pembina olimpiade matematika, mengingat soal olimpiade matematika SMP saja sudah membutuhkan energi khusus bagi guru untuk menyelesaikannya. Sehingga banyak potensi siswa yang tidak terlayani dengan baik untuk berkembang, khususnya dalam olimpiade matematika. Ada tips khusus memulai melakukan pembinaan olimpiade matematika SMP, mulailah dengan pembahasan soal-soal olimpiade SD yang bagi guru tidak terlalu berat dan bagi siswa pemula ada tantangan untuk bisa menyelesaikan. Bila soal-soal olimpiade SD sudah biasa dikerjakan, barulah anak diajak masuk ke ranah soal olimpiade SMP.
Contoh sederhana soal olimpiade SD sebagai berikut
  1. Banyaknya bilangan bulat antara 100 dan 1000 yang habis dibagi 11 adalah ....
  2. Penduduk Jawa Tengah adalah 25% dari penduduk pulau Jawa dan 15% dari penduduk Indonesia. Berapa persen penduduk Indonesia yang tinggal di luar pulau Jawa?
  3. Iwan selalu berbohong pada hari Senin, Selasa dan Rabu, dan berkata jujur pada hari-hari lainnya. Di lain pihak, Budi selalu berbohong pada hari Kamis, Jum'at, Sabtu dan berkata jujur pada hari-hari lainnya. Pada suatu hari terjadi percakapan sebagai berikut
  • Iwan : "Kemarin saya berbohong"
  • Budi : "Saya juga"
Pada hari apa percakapan tersebut?