Rabu, 16 Januari 2013

DRAFT KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP


Tanggal Pembuatan: 12-15 November 2012
Kelas VII
Kompetensi Inti
1. Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar
· Menunjukan perilaku disiplin dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
· Menunjukan perilaku kreatif dalam melakukan operasi pada bentuk aljabar.

3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati,mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,  lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi Dasar
· Memahami konsep himpunan bagian melalui pengamatan contoh dan bukan contoh.
· Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya melalui contoh dan bukan contoh.
· Menerapkan persamaan linear satu variable dalam menyelesaikan masalah nyata.
· Menerapkan pertidaksamaan linear satu variable dalam menyelesaikan masalah nyata.
· Menerapkan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial dalam masalah nyata.
· Menerapkan konsep himpunan dalam menyelesaikan masalah nyata.
4. Menemukan, menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual,dan prosedural secara logis, sistematis, dankritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
Kompetensi Dasar
· Menemukan sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain melalui penyelidikan.
·  Menemukan sifat-sifat segitiga dengan penyelidikan menggunakan model-model segitiga.
· Menemukan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang melalui penyelidikan model-model bangun datar.
· Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan melalui contoh serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. dengan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
·   Menemukan dan Menerapkan konsep perbandingan dalam masalah nyata.
·   Menyajikan himpunan dalam konteks nyata dengan diagram Venn.
·   Menemukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut melalui percobaan dengan alat peraga.
·   Menggambar sudut menggunakan penggaris, jangka, dan busur secara prosedural.
·   Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat dalam konteks nyata.
·  Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu menggunakan penggaris, jangka, dan busur secara prosedural
Kelas VIII
Kompetensi Inti
1.  Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar
· Menunjukan perilaku teliti dalam melakukan operasi aljabar.
· Menunjukan perilaku teliti dalam menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
· Menunjukan perilaku teliti dalam mencari nilai fungsi
· Menunjukan perilaku teliti dalam mencari panjang keliling dan luas lingkaran
· Menunjukan perilaku teliti dalam mencari panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
· Menunjukan perilaku teliti dalam mencari luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati,  mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,  lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi Dasar
· Memahami relasi dan fungsi melalui permainan kelompok
· Menemukan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat peraga
· Menerapkan Teorema Pythagoras masalah yang berkaitan dengan masalah nyata
· Menerapkan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring yang berkaitan dengan masalah nyata
4. Menemukan, menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual,dan prosedural secara logis, sistematis, dankritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidupsehat.
Kompetensi Dasar
· Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius  mengikuti prosedur.
· Memahami gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
· Memahami sistem persamaan linear dua variabel.
· Menyajikan kalimat matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
· Menerapkan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya.
· Menemukan Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan pola-pola bilangan yang diberikan dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah nyata.
- Menemukan/ mencipta teorema Phytagoras melalui penyelidikan alat peraga dan penyelidikan pola-pola bilangan yang diberikan
- Menggunakan teorema Pytagoras dalam penyelesaian masalah nyata.
· Memahami teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan pola-pola bilangan yang diberikan.
- Menyebutkan/ menyaji/ menulis teorema Pythagoras dengan secara verbal.
- Menyatakan/ menyaji/ menulis teorema Pythagoras dengan rumus berbagai bentuk.
· Menerapkan teorema Pythagoras dalam penyelesaian masalah nyata.
- Mengidentifikasi/ menyaji/ mengetahui penerapan teorema Pythagoras dalam masalah nyata.
- Menyajikan masalah nyata dalam konteks teorema Pythagoras.
- Menyelesaikan/ menghitung panjang sisi segitiga dengan teorema Pythagoras.
- Mengevaluasi penyelesaian teorema Pythagoras dalam kaitan dengan penyelesaian masalah nyata.
· Memahami unsur dan bagian-bagian lingkaran melalui alat peraga.
· Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga dengan menggunakan jangka, penggaris dan busur.
· Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas dengan kreatif melalui alat peraga.
· Menunjukkan perilaku kreatif melalui pembuatan jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas menggunakan alat peraga.  
Kelas IX
Kompetensi Inti
1. Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama lain.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar
· Menunjukan perilaku teliti dalam  melakukan identifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen melalui pengamatan model-model bangun datar.
· Menunjukan perilaku teliti dalam mencari luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
· Menunjukan perilaku teliti untuk menyelidiki pola barisan bilangan sederhana.
· Menunjukan perilaku teliti dalam mencari suku ke-n dan jumlah n suku barisan aritmatika dan barisan geometri. (tidak menggunakan rumus)
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati,  mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,  lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi Dasar
· Memahami sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen melalui penyelidikan.
· Memahami unsur-unsur tabung, kerucut dan bola melalui pengamatan model tabung, kerucut dan bola
· Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar melalui contoh.
· Memahami data melalui pengukuran dan pencacahan.
· Memahami rata-rata, median, dan modus menggunakan data nyata.
4. Menemukan, menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual,  konseptual,  dan prosedural secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
Kompetensi Dasar
· Menerapkan konsep kesebangunan segitiga yang berkaitan dengan masalah nyata
· Menerapkan konsep kesebangunan segitiga yang berkaitan dengan masalah nyata
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
· Menunjukkan perilaku kreatif dalam menyajikan data.
· Memahami data melalui pengukuran dan pencacahan.
· Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran dari masalah nyata.
· Menunjukkan perilaku jujur dalam melakukan percobaan.
· Memahami ruang sampel suatu kejadian melalui percobaan.
· Memahami peluang suatu kejadian melalui percobaan.
· Menentukan peluang suatu kejadian sederhana.
· Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
· Memecahkan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
· Menerapkan pola barisan dan deret yang ada dengan masalah nyata.
- Menunjukkan perilaku teliti dalam menyelidiki pola barisan dan deret.
- Memahami barisan dan deret melalui penyelidikan pola-pola yang diberikan.
- Menerapkan pola barisan untuk menentukan suatu suku dan jumlah deret tertentu.