Senin, 25 Juli 2011

MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN


Selama ini, dalam melakukan pembelajaran matematika, kita masih kurang atau bahkan tidak melakukan pembelajaran yang kontekstual, sehingga ketika terjadi permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari peserta didik tidak bisa menyelesaikan.
Contoh nyata adalah kasus berikut!
Seorang teman bertanya: “Saya punya tanah dengan ukuran sebelah utara 47,5 m, sebelah selatan 50 m, sebelah barat 24 m, sebelah timur 22 m. Berapakah luas tanah saya?”

Pertanyaan tersebut belum lengkap, meskipun dapat diduga tanahnya berbentuk segiempat tidak beraturan, tetapi jawaban tidak bisa tunggal. Sebagai gambaran perhatikan gambar berikut.

Kedua gambar menunjukkan bahwa ukurannya sama, tetapi karena datanya kurang lengkap bentuknya berbeda, yang akibatnya luasnya juga berbeda.
Jadi jika memiliki tanah berbentuk segiempat tidak beraturan maka selain harus diukur panjang sisi-sisinya juga harus disertakan panjang salah satu diagonalnnya.