Tanggal Pembuatan: 12-15 November 2012
Kelas VII
Kompetensi Inti
1. Menerima
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama
lain.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
· Menunjukan
perilaku disiplin dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
· Menunjukan perilaku
kreatif dalam melakukan operasi pada bentuk aljabar.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati,mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi
Dasar
· Memahami konsep himpunan bagian melalui pengamatan
contoh dan bukan contoh.
· Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya melalui
contoh dan bukan contoh.
· Menerapkan persamaan
linear satu variable dalam menyelesaikan masalah nyata.
· Menerapkan pertidaksamaan
linear satu variable dalam menyelesaikan masalah nyata.
· Menerapkan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial dalam masalah nyata.
· Menerapkan konsep himpunan dalam menyelesaikan
masalah nyata.
4. Menemukan,
menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual,dan prosedural secara logis, sistematis, dankritis; seni yang
menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
Kompetensi
Dasar
· Menemukan sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain melalui
penyelidikan.
· Menemukan sifat-sifat segitiga dengan penyelidikan menggunakan
model-model segitiga.
· Menemukan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belahketupat dan layang-layang melalui penyelidikan model-model
bangun datar.
· Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
melalui contoh serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. dengan mengaitkan
dengan kehidupan sehari-hari.
· Menemukan dan Menerapkan konsep perbandingan dalam masalah nyata.
· Menyajikan himpunan dalam konteks nyata dengan diagram Venn.
· Menemukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
melalui percobaan dengan alat peraga.
· Menggambar sudut menggunakan penggaris, jangka, dan busur secara
prosedural.
· Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat dalam
konteks nyata.
· Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis
sumbu menggunakan penggaris, jangka, dan busur secara prosedural
Kelas VIII
Kompetensi Inti
1. Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya serta menghargai penganut
agama lain.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar
· Menunjukan perilaku teliti dalam melakukan
operasi aljabar.
· Menunjukan
perilaku teliti dalam menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
· Menunjukan
perilaku teliti dalam mencari nilai fungsi
· Menunjukan
perilaku teliti dalam mencari panjang keliling dan luas lingkaran
· Menunjukan
perilaku teliti dalam mencari panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
· Menunjukan
perilaku teliti dalam mencari luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma
dan limas
3. Memahami
pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati, mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi Dasar
· Memahami relasi dan fungsi melalui
permainan kelompok
· Menemukan
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat
peraga
· Menerapkan
Teorema Pythagoras masalah yang berkaitan dengan masalah nyata
· Menerapkan
hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring yang berkaitan dengan masalah
nyata
4. Menemukan,
menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual,dan prosedural
secara logis, sistematis, dankritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya
yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidupsehat.
Kompetensi Dasar
· Membuat
sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius mengikuti prosedur.
· Memahami
gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
· Memahami sistem persamaan linear dua
variabel.
· Menyajikan
kalimat matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan
linear dua variabel
· Menerapkan
model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan
linear dua variabel dan penafsirannya.
· Menemukan Teorema Pythagoras melalui alat
peraga dan penyelidikan pola-pola bilangan yang diberikan dan menggunakannya
dalam penyelesaian masalah nyata.
- Menemukan/ mencipta teorema Phytagoras melalui
penyelidikan alat peraga dan penyelidikan pola-pola bilangan yang diberikan
- Menggunakan teorema Pytagoras dalam penyelesaian masalah
nyata.
· Memahami
teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan pola-pola bilangan yang
diberikan.
- Menyebutkan/ menyaji/ menulis teorema Pythagoras dengan
secara verbal.
- Menyatakan/ menyaji/ menulis teorema Pythagoras dengan rumus berbagai bentuk.
· Menerapkan
teorema Pythagoras dalam penyelesaian masalah nyata.
- Mengidentifikasi/ menyaji/ mengetahui penerapan teorema
Pythagoras dalam masalah nyata.
- Menyajikan masalah nyata dalam konteks teorema Pythagoras.
- Menyelesaikan/ menghitung panjang sisi segitiga dengan
teorema Pythagoras.
- Mengevaluasi penyelesaian teorema Pythagoras dalam kaitan
dengan penyelesaian masalah nyata.
· Memahami
unsur dan bagian-bagian lingkaran melalui alat peraga.
· Melukis lingkaran
dalam dan lingkaran luar suatu segitiga dengan menggunakan jangka, penggaris
dan busur.
· Membuat
jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas dengan kreatif melalui alat
peraga.
· Menunjukkan perilaku kreatif melalui
pembuatan jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas menggunakan alat
peraga.
Kelas
IX
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama
lain.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar
· Menunjukan
perilaku teliti dalam melakukan
identifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen melalui pengamatan
model-model bangun datar.
· Menunjukan
perilaku teliti dalam mencari luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
· Menunjukan
perilaku teliti untuk menyelidiki pola barisan bilangan sederhana.
· Menunjukan
perilaku teliti dalam mencari suku ke-n dan jumlah n suku barisan aritmatika
dan barisan geometri. (tidak menggunakan rumus)
3. Memahami
pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati, mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi Dasar
· Memahami
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen melalui penyelidikan.
· Memahami
unsur-unsur tabung, kerucut dan bola melalui pengamatan model tabung, kerucut
dan bola
· Memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar melalui contoh.
· Memahami data
melalui pengukuran dan pencacahan.
· Memahami
rata-rata, median, dan modus menggunakan data nyata.
4. Menemukan, menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural secara logis, sistematis, dan
kritis; seni yang
menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
Kompetensi Dasar
· Menerapkan
konsep kesebangunan segitiga yang berkaitan dengan masalah nyata
· Menerapkan
konsep kesebangunan segitiga yang berkaitan dengan masalah nyata
· Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
· Menunjukkan
perilaku kreatif dalam menyajikan data.
· Memahami data melalui pengukuran dan
pencacahan.
· Menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran dari masalah
nyata.
· Menunjukkan
perilaku jujur dalam melakukan percobaan.
· Memahami
ruang sampel suatu kejadian melalui percobaan.
· Memahami peluang
suatu kejadian melalui percobaan.
· Menentukan
peluang suatu kejadian sederhana.
· Melakukan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
· Memecahkan
masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
· Menerapkan
pola barisan dan deret yang ada dengan masalah nyata.
- Menunjukkan perilaku teliti dalam menyelidiki pola
barisan dan deret.
- Memahami barisan dan deret melalui penyelidikan pola-pola
yang diberikan.
- Menerapkan pola barisan untuk menentukan suatu suku dan
jumlah deret tertentu.